Pengaruh Kebijakan Pelayanan Pemasaran Jasa Telekomunikasi Terhadap Peningkatan Produktivitas Penjualan Pada PT Telkom Kandatel Bandung

  • Yopines Ansen STIE STEMBI – Bandung Business School

Abstract

Penelitian ini menganalisis empat variable kebijakan pemasaran yang berpengaruh terhadap produktivitas penjualan pada PT telkom Kandatel Bandung, yakni faktor produk, harga, distribusi, dan promosi. Metode penelitian menggunakan “Desain Kausal”, dengan jumlah populasi 348.307 Satuan Sambungan Telepon (SST), dan sampel 376 SST dan tingkat kesalahan 5 % . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis dilakukan dengan Path Analysis, Ratio Produktivitas, dan Least Square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi factor produk terhadap produktivitas penjualan, baik secara langsung maupun melalui factor saluran pemasaran mempunyai korelasi yang signifikan. Pengaruh secara keseluruhan dari factor produk terhadap produktivitas penjualan mempunyai korelasi yang signifikan. Kontribusi saluran pemasaran terhadap produktivitas penjualan, baik secara langsung maupun melalui faktor produk mempunyai korelasi yang signifikan. Secara keseluruhan, factor saluran pemasaran memiliki korelasi yang signifikan terhadap produktivitas penjualan.
Sebagai kesimpulan : pertama masa krisis pemenuhan demand melalui Kebujakan Strategi Konsolidasi, dan paska krisis menerapkan Kebijakan Strategi Ekspansi. Kedua, mengkaji ulang Kerja Sama Operasi PT Telkom Divisi Regional
III    Jawa Barat dengan PT Aria West Internasional . Ketiga memberlakukan Undang-Undang No 36 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan jasa telekomunikasi oleh Badan Hukum. Keempat pemberlakuan Undang-Undan No 8 Tahun 1999, tentang perlindungan konsumen. Kelima, adanya kemudahan, percepatan. Saran : pertama memberlakukan pelayana “One Stop Service”. Kedua, dukungan unit kerja dan kordinasi. Ketiga skala prioritas pembangunan. Keempat pengembangan produk baru. Kelima melakukan promosi kepada calon pelanggan.

Kata Kunci : Produk, Harga, Distribusi, Promosi, Produktivitas Penjualan

Published
2014-04-19
How to Cite
ANSEN, Yopines. Pengaruh Kebijakan Pelayanan Pemasaran Jasa Telekomunikasi Terhadap Peningkatan Produktivitas Penjualan Pada PT Telkom Kandatel Bandung. Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1-8, apr. 2014. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/47>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v11i1.47.