Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada CV Sumber Berkah)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen CV. Sumber Berkah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Pengolahan data yang digunakan dalam penielitian ini menggunakan analisis linear berganda untuk mengetahui besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CV. Sumber Berkah dengan teknik pengambilan sampel secara insidental sebanyak 120 sampel. Untuk megetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan menggunakan uji f, sedangkan secara parsial menggunakan uji t. Hasil keseluruhan pada penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 30,5% secara simultan, sedangkan besar pengaruh dari variabel bebas di luar penelitian ini sebesar 69,5%. Secara parsial, produk memiliki pengaruh sebesar 0,138, harga berpengaruh sebesar 0,032, saluran distribusi berpengaruh sebesar 0,107, dan promosi memiliki pengaruh sebesar 0,302 terhadap loyalitas konsumen CV. Sumber Berkah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen CV. Sumber Berkah secara simultan. Secara parsial, promosi dan produk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan harga dan saluran distribusi memilki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan.