Pengujian Dampak Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Kepuasan Kerja Guru Honorer Di Kota Bandung

  • Ai Rohayati STIE STEMBI Bandung
  • Leli Nirmalasari STIE STEMBI Bandung

Abstract

Guru merupakan sosok utama dalam lembaga pendidikan. Kualitas lembaga tidak dapat dipandang dari segi materi, seperti gedung megah, fasilitas lengkap, maupun status sekolah (Negeri atau Swasta). Akan tetapi, output lembaga yang akan dihasilkan. Pengabdian guru honorer dalam mengemban tugas mengajar boleh saja ikhlas mereka lakukan, tetapi mereka juga manusia biasa yang perlu memikirkan penghidupan, ekonomi, kesejahteraan keluarganya dan dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kepuasan kerja dengan penciptaan organizational citizenship behavior (OCB) guru honorer Di Kota Bandung. Metode penelitian berdasarkan statistik deskriptif, asosiatif dan statistik inferensial, sedangkan sample berjumlah 130 guru honorer dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis deskriptif dari tanggapan responden, disimpulkan bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kepuasan Kerja Guru honorer kota Bandung memiliki nilai yang tinggi. Sedangkan berdasarkan analisis regresi sederhana dihasilkan bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif siginifikan terhadap Kepuasan Kerja baik secara simultan maupun parsial. 

Published
2014-12-20
How to Cite
ROHAYATI, Ai; NIRMALASARI, Leli. Pengujian Dampak Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Kepuasan Kerja Guru Honorer Di Kota Bandung. Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 10-17, dec. 2014. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/76>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v11i3.76.