Iklim Organisasi Dan Keterampilan Manajerial : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Indramayu - Jawa Barat
Abstract
Kesuksesan suatu organisasi sangat ditentukan oleh sumber daya . Di dalam Manajemen Sumber Daya Manusia , keterampilan manajerial dan iklim organisasi memegang peranan penting dalam mewujudkan kinerja organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan mempelajari , iklim organisasi, keterampilan manajerial dan kinerja sekolah, serta pengaruh iklim organisasi dan keterampilan manajerial terhadap kinerja sekolah baik secara parsial maupun secara simultan, pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja sekolah baik secara langsung maupun melalui fakta-fakta masalah yang diselidiki serta menguji hipotesis.
Populasi sasaran yang diteliti adalah seluruh sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indramayu Jawa Barat yang berjumlah 77 SMK . Pengambilan data dilakukan secara sensus (total sampling), yaitu dengan mengambil semua unit analisis sebagai data penelitian. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala semantic diferensial. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan range interval, sedangkan analisis verifikatif menggunakan analisis jalur (path analysis) .
Hasil penelitian menunjukkan iklim organisasi , keterampilan manajerial dan kinerja sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indramayu secara keseluruhan sudah baik.
Pengujian secara parsial menghasilkan Iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja sekolah, keterampilan manajerial berpengaruh terhadap kinerja sekolah Pengujian secara simultan menghasilkan bahwa iklim organisasi dan keterampilan manajerial berpengaruh terhadap kinerja sekolah , serta iklim organisasi berpengaruh secara langsung maupun melalui keterampilan manajerial pada kinerja sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indramayu Jawa Barat. Untuk meningkatkan kondisi iklim organisasi, keterampilan manajerial serta kinerja sekolah perlu dilakukan peningkatan keterampilan dan lingkungan fisik/iklim organisasi yang mendukung agar peningkatan kinerja sekolah mendapatkan hasil yang optimal.