Customer Relationship Management Dan Loyalitas Konsumen Pada PT Shafira Laras Persada
Abstract
PT Shafira Laras Persada merupakan salah satu pemegang merek busana muslim di Indonesia. Pihak manajemen membuat banyak program untuk mempertahankan pelanggannya, melalui CRM. Penelitian ini menganalisis pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun parsial pada PT. Shafira Laras Persada.
Penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan metode survey. Penentuan sampel data menggunakan metode sampling insidental. Unit analisisnya adalah pelanggan yang telah melakukan pembelian minimal dua kali. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 150 orang. Sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu multiple regression.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 49,7%. Sementara itu secara parsial sub variabel dari customer relationship management yakni financial bonds dan social Bonds berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 57,7% dan 24,2%, sedangkan customization bonds berpengaruh positif namun tidak signifikan