Kontribusi Kompetensi Dan Komitmen Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Pts Di Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kondisi kompetensi, komitmen dan kinerja tenaga kependidikan pada PTS di Kota Bandung, (2) bagaimana pengaruh kompetensi dan komitmen secara simultan terhadap kinerja tenaga kependidikan pad PTS di Kota Bandung, dan (3) bagaimana pengaruh kompetensi dan komitmen secara parsial terhadap kinerja tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif. Unit analisis penelitian ini adalah tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung dengan unit pengamatan tenaga kependidikan beserta pimpinan PTS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling (sampling Aksidental) dengan jumlah sampel sebanyak 120 reponden. Alat analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil pengujian instrumen penelitian menunjukan bahwa semua item pernyataan dalam kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Analisis deskriptif dari hasil penelitian terlihat bahwa kondisi kompetensi tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung sudah tinggi. Potret kondisi komitmen organisasi tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung juga tinggi, sedangkan kondisi kinerja tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung menurut persepsi pimpinan PTS sudah baik. Secara simultan, kompetensi dan komitmen berpengaruh signiikan terhadap kinerja tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung. Sedangkan secara parsial, kompetensi dan komitmen juga berpengaruh positif dan signiikan terhadap kinerja tenaga kependidikan PTS di Kota Bandung. Kompetensi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja tenaga kependidikan dibandingkan dengan komitmen organisasi tenaga kependidikan
Kata Kunci : Kompetensi, Komitmen Organisasi, Kinerja Individu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.