Analisis Faktor Psiko-Sosial dan Komparasi Minat Pembelian Konsumen terhadap Mobil Produk Jepang dan Eropa Pada Dua Segmen Pasar Konsumen di Kota dan Kabupaten Bandung

  • Supriyadi . Bandung Business School
  • Lady Nurdiana Bandung Business School

Abstract

Penelitian ini menganalisis dua perilaku konsumen yang berbeda yaitu Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta terhadap mobil Jepang dan Eropa. Tujuan penelitian adalah untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor psikologi-sosial apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian mobil pribadi; (2) Mengetahui apakah ada perbedaan minat pembelian mobil Jepang dan mobil Eropa pada kelompok Segmen Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta; (3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam minat beli mobil Jepang dan Eropa pada segmen Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik sampling Purposive dan Sampling Insidental dengan rumus iterasi maka terpilih sampel sebanyak 125 dari masing-masing segmen, teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Faktor, analisis Uji Beda Independen sampel t test dan analisis regresi berganda.


Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat tujuh faktor yang dipertimbangkan konsumen minat beli mobil pribadi yaitu faktor ekonomis, geografis, gaya hidup, psikologis, image, faktor sosial dan kebutuhan. (2) Tidak terdapat perbedaan minat beli mobil Jepang dan Eropa pada Segmen Pegawai Negeri Sipil dan pegawai Swasta. (3) perpedaan faktor yang mempengaruhi: a) Pada Pegawai Negeri Sipil faktor yang mempengaruhi minat beli mobil Jepang adalah variabel Ekonomis, Demografis, Image, dan Faktor Sosial, b) Pada Pegawai Negeri Sipil faktor yang mempengaruhi minat beli mobil Eropa adalah Variabel Demografis Psikologis, Image, Faktor Sosial, dan Kebutuhan c) Pada Pegawai Swasta faktor yang mempengaruhi minat beli mobil Jepang adalah Demografis, Psikologis, Image, Faktor Sosial dan Kebutuhan. d) Pada Pegawai Swasta faktor yang mempengaruhi minat beli mobil Eropa adalah variabel Ekonomis, Variabel Demografis, Gaya Hidup, dan Kebutuhan


Kata Kunci : Gaya Hidup, Image, Faktor social, Minat Beli,

Published
2016-12-17
How to Cite
., Supriyadi; NURDIANA, Lady. Analisis Faktor Psiko-Sosial dan Komparasi Minat Pembelian Konsumen terhadap Mobil Produk Jepang dan Eropa Pada Dua Segmen Pasar Konsumen di Kota dan Kabupaten Bandung. Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 32-38, dec. 2016. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/39>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v13i3.39.