Penggunaan Layanan M-Banking : Sikap Dan Norma Subyektif Nasabah Bank

  • Patria Supriyoso Bandung Business School
  • Imas Ratnasari Bandung Business School

Abstract

Penelitian ini menganalisis Sikap dan Norma Subyektif terhadap Keinginan Nasabah Bank Untuk Menggunakan Layanan M-banking Di Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dikalangan nasabah bank, yang mana layanan m-banking kini memang sudah menjadi trand di dalam layanan perbankan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara sikap dan norma subyektif terhadap keinginan nasabah bank untuk menggunakan layanan m-banking.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei pada nasabah bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA dikota Bandung, yang belum menggunakan layanan m-banking. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan telaah kepustakaan. Unit analisisnya yaitu berjumlah 120 responden yang mana dibagi dalam empat pembagian. 30 responden untuk nasabah bank BRI, 30 responden untuk nasabah bank BNI, 30 responden untuk nasabah bank Mandiri dan 30 responden untuk nasabah bank BCA. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan antara Sikap(X1) dan Norma Subyektif(X2) terhadap Keinginan(Y) sebesar 59.1 %. Sedangkan secara parsial sikap signifikan sebesar 22.2%, dan norma subyektif juga berpengaruh signifikan sebesar 18.1%.


Kata Kunci : Sikap, Norma Subyektif, Keinginan

Published
2016-12-17
How to Cite
SUPRIYOSO, Patria; RATNASARI, Imas. Penggunaan Layanan M-Banking : Sikap Dan Norma Subyektif Nasabah Bank. Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 1-9, dec. 2016. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/33>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v13i3.33.