Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kepuasan Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMKN Se-Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan guru terhadap kepuasan kinerja
guru baik secara simultan maupun parsial. Indikator yang digunakan
untuk kepemimpinan transformasional utama mengacu pada konsep
Robbins (2006), indikator kepuasan guru mengacu pada konsep Edy
Sutrisno (2009). Sedangkan untuk indikator kinerja guru mengacu pada
konsep Diding Nurdin (2011).
Unit analisis dalam penelitian ini adalah kota Bandung.
Metode yang digunakan adalah verifikasi deskriptif. Sedangkan analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara kuesioner dan
metode survei penjelasan.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dan pembahasan
penelitian ini disimpulkan bahwa Kepemimpinan
Transformasional Kepemimpinan dan Kepuasan Guru 9,8% berpengaruh
terhadap Kinerja Guru. Sedangkan sisanya 90,2% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diperiksa. Sedangkan secara parsial, Kepala
Kepemimpinan Transformasional memiliki pengaruh terhadap kinerja
guru sebesar 00,5%. Sedangkan variabel Kepuasan Guru berpengaruh
terhadap kinerja guru sebesar 32%.
Kepemimpinan Transformasional Kepemimpinan dan Kepuasan
Guru sekaligus memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru.
Partial Good atau bad Transformational Leadership Kepala sekolah
kemudian tidak mengarah pada kinerja guru yang buruk. Itu berlaku
tidak signifikan. Secara parsial, semakin tinggi Prestasi Guru Kinerja
Guru. Itu adalah efek yang signifikan.
Kata kunci: Perilaku kepemimpinan kepala sekolah, Kepuasan guru, Kinerja guru.