ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI PAUD KELOMPOK BERMAIN (KOBER) PELANGI KECAMATAN REGOL KOTA BANDUNG
Abstract
Tujuan_Tulisan ini bertujuan untuk Menganalisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Paud Kelompok Bermain (KOBER) Pelangi Bandung untuk periode 2023-2024, mengevaluasi pencapaian dalam tiga aspek utama penilaian: kognitif, literasi, dan numerisasi.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Desktiptif. Analisis desktiptif terhadap terhadap peran kepala sekolah dalam mempengaruhi kinerja guru dan pencapaian akademik anak-anak di PAUD Kober Pelangi.
Temuan_PAUD Kober Pelangi mencapai target 100% untuk aspek kognitif dan 80% untuk target numerisasi, dengan kemajuan signifikan dalam literasi. Ada ketimpangan dalam pencapaian numerisasi, di mana 20% murid belum mencapai target yang diharapkan. PAUD Kober Pelangi lebih unggul dalam numerisasi dibandingkan PAUD lain.
Implikasi_Kepemimpinan kepala sekolah sangat mempengaruhi kinerja guru dan pencapaian akademik anak-anak. Untuk mencapai target numerisasi yang lebih tinggi (90%), diperlukan peningkatan komunikasi antara guru dan orang tua serta penerapan metode pengajaran yang lebih inovatif. Strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan pencapaian meliputi pembaruan kurikulum, evaluasi rutin, pelatihan berkelanjutan, dan keterlibatan orang tua.
Tipe Penelitian_Kualitatif deskriptif, yang menekankan pada analisis mendalam terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan PAUD Kober Pelangi, khususnya terkait dengan peran kepemimpinan dan kinerja akademik anak-anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.