Pengaruh Waktu Tunggu Pasien Tehadap Kepuasan Pelanggan Di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung

  • Rizki Aulia Madany Universitas Teknologi Digital

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung, mengidentifikasi waktu tunggu pasien, mengidentifikasi kepuasan pelanggan, dan menganalisis pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung. Subjek penelitian ini yaitu pasien di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian spesifik, jelas dan rinci. Jenis data yang dipakai yaitu ata primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Pengujian dilakukan dengan menggunakan software Windows SPSS versi 26.
Temuan_menunjukkan bahwa (1) waktu tunggu pasien di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung berpengaruh sebesar 47,7% tehadap kepuasan pelanggan di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung (2) karakteristik waktu tunggu pasien dengan indicator objektif (actual waiting tme), subjektif/persepsi(estimasi lamanya menunggu), kognitif (evaluasi proses menunggu), dan afektif (respon terhadap proses menunggu) secara keseluruhan berkategori tinggi (3) karakteristik kepuasan pelanggan dengan indikator reponsisveness (ketanggapan), reliability (keandalan), empathy (empati), assurance (jaminan), dan tangibles (bukti langsung) secara keseluruhan berkategori tinggi (4) karakter waktu tunggu pasien berpengaruh secara simultan dan pasial terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung.
Implikasi_Petugas diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akan pentingnya pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung seperti adanya peningkatan efisiensi proses, penggunaan teknologi untuk pendaftaran dan pemantauan antrian, serta peningatan koordinasi antar tim medis.
Originalitas_Jumlah sampel sebanyak 96 pasien diperoleh dari populasi sebanyak 2.419 pasien yang dating ke Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung pada bulan Desember 2023 – Februari 2024.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-09-06
How to Cite
MADANY, Rizki Aulia. Pengaruh Waktu Tunggu Pasien Tehadap Kepuasan Pelanggan Di Klinik Gigi Casadienta Wastukencana Bandung. Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 102 - 112, sep. 2024. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/198>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v21i2.198.