Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Pada Poli Anak Di RSUD Majalaya
Abstract
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas pelayanan di Poli Anak RSUD Majalaya.
Desain/Metode_Penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan sampel pasien dan orang tua pasien yang telah menerima layanan di Poli Anak RSUD Majalaya. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur lima Indikator kualitas pelayanan: kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empati, dan penampilan.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Poli Anak RSUD Majalaya secara keseluruhan dinilai baik oleh responden, dengan indikator empati mendapatkan skor tertinggi. Namun, terdapat area yang memerlukan perbaikan, terutama dalam Indikator Penampilan. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi perbaikan fasilitas fisik untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian mengenai 5 Indikator kualitas pelayanan pada poli anak di RSUD Majalaya yang menghasilkan nlai rata-rata 36,14 dan dengan Total nilai rata-rata 3,6, Hal ini dapat disimpulkan bahwa Variabel Kualitas Pelayanan pada penelitian ini dapat dinyatakan baik dengan masuk nilai Interval 3,40 – 4,19, kategori (Baik).
Implikasi_Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi manajemen RSUD Majalaya dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Poli Anak dan dapat dijadikan acuan untuk evaluasi dan pengembangan layanan di masa depan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas pelayanan di Poli Anak RSUD Majalaya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.