Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Kefarmasian Di UPTD Puskesmas Cibuntu

  • Indrajati Wibowo Universitas Teknologi Digital
  • Anisa Nurul Hazizah Universitas Teknologi Digital

Abstract

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Waktu Tunggu Pelayanan Kefarmasian Di UPTD Puskesmas Cibuntu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem antrian yang digunakan di Puskesmas Cibuntu, dan lamanya waktu tunggu pelayanan obat racikan dan obat non-racikan pada instalasi farmasi di Puskesmas Cibuntu.
Desain/Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang berlokasikan di UPTD Puskesmas Cibuntu Kelurahan Caringin Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Temuan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem antrian di Puskesmas Cibuntu masih bergantung pada metode manual, dan perbedaan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah ≤ 30 menit dan untuk obat non-racikan ≤ 15 menit. Hasil tersebut sudah sesuai dengan acuan KepMenkes RI No.129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian. Dan manajemen persediaan obat yang sangat mempengaruhi pada waktu tunggu pelayanan kefarmasian.

Published
2024-09-03
How to Cite
WIBOWO, Indrajati; HAZIZAH, Anisa Nurul. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Kefarmasian Di UPTD Puskesmas Cibuntu. Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 49 - 57, sep. 2024. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/192>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v21i1.192.