Konsep Promosi Produk Dalam Perspektif Manajemen Pemasaran Syariah
Abstract
Tujuan_Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana promosi produk dipandang dalam syariat Islam.
Desain/Metode_Survei literatur dilakukan untuk kedua jenis literatur yang dirujuk dalam penulisan jurnal ini, yaitu literatur manajemen pemasaran dan literarur manajemen pemasaran islam. Literatur manajemen pemasaran digunakan untuk menjadi rujukan penulis dalam menjabarkan konsep serta metode-metode yang berkaitan dengan inti pembahasan didalam jurnal ini. Adapun literatur manajemen pemasaran islam digunakan untuk menjadi rujukan penulis dalam membahas topik pemasaran yang menjadi inti bahasan didalam jurnal ini namun dikaitkan dengan pandangan juga teori islami
Temuan_Iklan yang mengandung pujian bersifat nyata dan benar, maka iklan semacam ini hukumnya adalah boleh, namun apabila iklan tersebut mengandung unsur kebohongan dan penipuan atau tidak diketahui oleh pembeli tentang barang atau jasa yang ditawarkan maka hal demikian dalam Islam disebut penipuan
Implikasi_ Dalam Islam, apabila terjadi ketidaksesuaian antara promosi dengan sifat barang maka konsumen akan mempuyai hak untuk membatalkan atau melanjutkan transaksi karena menyembunyikan cacat barang. Terdapat juga khiyar ru’yah, yaitu hak khiyar terhadap pembeli ketika melihat barang yang akan dibeli karena ketika akad berlangsung ia tidak menyaksikan barang tersebut. Khiyar ru’yah ini akan menjadi sangat penting untuk diterapkan khususnya pada masa modern ini karena banyaknya transaksi melalui media elektronika khususnya yang bersifat pesanan, sedangkan pembeli belum mengetahui barang tersebut dengan saksama.
Tipe Penelitian_ Studi Literatur dari jurnal pemasaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.