Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Di Universitas Teknologi Digital Bandung
Abstract
Penelitian_ini bertujuan untuk mengetahui mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dengan menggunakan variabel ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan. Subjek penelitian ini mahasiswa Universitas Teknologi digital pada program studi manajemen, akuntansi dan Manajemen perusahaan.
Desan/Metode_Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-verifikatif dengan metode deskptif. Jenis datanya adalah data primer dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Temuan_menujukan bahwa (1) Ekspektasi Pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha.maka semakin tinggi tingakat pendapatan akan semakin tinggi minat mahasiswa untuk berwirausaha (2) lingkungan keluarga tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial, terhadap minat berwirausaha maka semakin mendukung akan meningkatkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. (3) Pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha semakin baik pendidikan kewirausahaan maka semakin tinggi minat mahasiswa untuk berwirausaha. hasil uji F Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bersama- sama ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha, hasil perhitungan Koefisien Determinasi diperoleh nilai R2 0,702, maka dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini mampu menerangkan 70,2% mengenai minat berwirausaha mahasiswa Universitas Teknologi Digital.
Implikasi_Proses pendidikan formal yang ada di Indonesia rata-rata hanya berkisar 7 jam setiap harinya, sedangakan waktu selebihnya anak berada dalam lingkungan keluarga dan masyarakat Dikarenakan mindset masyarakat yang menganggap kewirausahaan hanya dalam bisnis saja yang menjadikan pendidikan informal terutama dalam lingkungan keluarga belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung pencapaian kompetensi karakter kewirausahaan, salah satu media pembelajaran yang potensial untuk pembinaan karakter termasuk karakter kewirausahaan dan peningkatan mutu akademik di Universitas.Penelitian ini dilakukan dengan waktu yang cukup panjang berdasarkan matakuliah yang peneliti ampu pada universitas teknologi digital.
Tipe penelitian ini adalah Studi empiris dengan menggunakan metode kuantitatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.