Strategi Pemasaran Zakat Rumah Yatim Cabang Bandung Dan Inisiatif Zakat Indonesia Cabang Bandung (Studi Komparatif)

  • Muhamad Saepurohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI
  • Hafid Ubaidillah Sulthoni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI

Abstract

Strategi Pemasaran Zakat Rumah Yatim Cabang Bandung Dan Inisiatif Zakat Indonesia Cabang Bandung. Lembaga Amil Zakat merupakan organisasi yang menaruh perhatian terhadap perkembangan keuangan umat dengan pendirian Rumah Yatim dan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia).
Adapun tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran Zakat Rumah Yatim Cabang Bandung, dan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Zakat Inisiatif Zakat Indonesia Cabang Bandung serta untuk mengetahui perbandingan Strategi Pemasaran Zakat Rumah Yatim Cabang Bandung dan Inisiatif Zakat Indonesia Cabang Bandung. Teori penelitian meliputi Strategi pemasaran suatu proses penciptaan dan penawaran tetapi harus memenuhi unsur syariah yang terdiri dari 4 unsur, yaitu 1) Teitis (Rabbaniyah), yaitu keyakinan seorang produsen yang harus optimis semata-mata karena Ridlo Allah SWT pada keyakinan rabbaniyah sangat sulit dipegang oleh perusahaan; 2) Etis (Akhlakqiyyah) prilaku dan norma; dan 3) Realistis (Al-Waqi’iyyah) transparan tidak ada kecacatan barang. 4) humanistis (Al-Insaniyyah) adalah bahwa syariah diciptakan untuk manusia agar derajatnya terangkat, sifat kemanusiaanya terjaga dan terperlihara, serta sifat kehewananya dapat terkekang dengan panduan syariah. Serta Zakat adalah hak Allah swt berupa harta yang diberikan oleh seseorang (yang mampuh) kepada orang-orang fakir.
Metode penelitian studi Komparatif, Dengan jenis penelitian lapangan dengan sifat deskriftif Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukakan dengan cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Triangulasi. Sumber data penelitian menggunakan Data Primer dan Sekunder. Instrumen penelitian meliputi Microphones, Handphone, Alat tulis, serta Teks Wawancara. Adapun Teknis penelitian data meliputi Data Collection (pengumpulan data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data), Conclution drawing verification.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Yatim dan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) menerapkan strategi pemasaran dengan menggunakan Langsun dan tidak langsung dan memiliki keunggulan masing-masing untuk Rumah Yatim produk online, market place, bangunan dan dana sosial serta IZI dari Brands zakat, Dapat disimpulkan perbandingan yang dimiliki keduanya ialah antara Rumah yatim LAZNAS dan Lembaga Sosial, dari segi pemasaran tidak langsung pun Rumah yatim lebih baik dari IZI dikarenakan dapat memanfaatkan media online dengan baik lalu sangat kompeten dibidangnya.

Published
2022-04-16
How to Cite
SAEPUROHMAN, Muhamad; SULTHONI, Hafid Ubaidillah. Strategi Pemasaran Zakat Rumah Yatim Cabang Bandung Dan Inisiatif Zakat Indonesia Cabang Bandung (Studi Komparatif). Jurnal Study and Management Research, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 63-76, apr. 2022. ISSN 2829-4076. Available at: <https://jurnalsmart.digitechuniversity.ac.id/index.php/jurnalsmart/article/view/115>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.55916/smart.v19i1.115.