Peranan Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT BCA KCU - Kota Bekasi
Abstract
Tujuan_ Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Layanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah. Demikian juga dalam menganalisa hubungan antara variabel Layanan Costomer Service dengan Kepuasan Nasabah, yaitu untuk mengetahui seberapa kuat atau lemahnya hubungan antara Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah.
Desain/Metode_Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan observasi yaitu mengadakan kunjungan langsung ke PT. Bank Central Asia, tbk dan hal ini dilakukan dengan cara pengamatan dan melakukan wawancara dan mengajukan kuisioner yang diisi oleh para nasabah sebagai responden Bank Central Asia ( BCA ) Kota Bekasi. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penulisan jurnal ini dengan menggunakan teori dan analisis, metode yang digunakan oleh penulis untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dan Kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah Analisa Koefisian Korelasi Sederhana, dan Analisa Koefisian Regresi Sederhana , Analisa Koefisien Determinasi serta menggunakan Uji Hipotesis.
Temuan_Hasil penelitian menunjukan bahwa jika layanan customer service naik satu satuan maka kepuasan nasabah akan naik 0,99 satuan. Selain itu hasil korelasi antara layanan customer service dengan kepuasan nasabah menunjukan hubungan yang kuat dan positif yaitu sebesar 0,80. Berdasarkan nilai koefisien determinasi, diperoleh hasil Layanan Customer Service mempunyai kontribusi terhadap tingkat Kepuasan Nasabah sebesar 73,20% dan selebihnya 26,80% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Layanan Customer Service terhadap peningkatan Kepuasan Nasabah di PT. Bank Central Asia, tbk.
Implikasi_Secara praktis diharapkan penelitian ini dapat membantu PT. BCA untuk meningkatkan kepuasan nasabahnya
Originalitas_Penelitian dengan tema ini baru dilakukan pada PT. BCA KCU Kota Bekasi untuk periode ini.
Tipe Penelitian_Studi Empiris